Responsive Ad

(Tips) Mudik Yang Aman Dan Bikin Greget


          Nah, sebentar lagi kan mau lebaran, pasti yang di perantauan pada pengin pulang kampung nih, pengin kumpul bareng keluarga besar. Kapan lagi bisa kumpul bareng keluarga besar dengan rasa damai dan tenteram seperti ini kalau bukan karena akan bersilaturahmi dengan sanak saudara serta tetangga juga teman-teman ya kan. Maka dari itu, ini ada beberapa tips mudik yang aman dan greget. Semoga bermanfaat!

Tips Mudik:
1.     Beli tiket jauh-jauh hari
Nah kalau sudah punya rencana mau mudik naik kendaraan umum, sebaiknya disiapkan dari jauh-jauh hari, jangan mendadak beli tiketnya karena bisa saja kehabisan tiket duluan kalau beli tiketnya mendadak. Sangat dianjurkan untuk membeli tiket dijauh hari supaya tenang karena sudah dapat tiket mudik. Kalaupun lebarannya masih 3 tahun lagi ya harus dibeli tiketnya dari sekarang. Buat jaga-jaga hehe....

2.     Bawa bekal yang cukup
Kalau mudik kan biasanya perjalanan jauh tuh, jadi pasti kelaperan. Nah jangan lupa bawa bekal yang cukup, ya makanan, minuman, baju salin, duit. Kalau perlu bawa kompor, wajan, kulkas, kipas angin, setrika, mesin cuci, mesin jahit, mesin penggilingan. Loh? Iya kalau udah dibawa semua gitu kan gak bakal ada yang kurang dijalan.

3.     Periksa kondisi kendaraan
Nah sebelum berangkat, ada baiknya periksa dulu kendaraan mudik. Kalau mudik naik kereta api, ada baiknya diperiksa dulu roda keretanya, siapa tau ada yang kempes atau bocor. Jika ada yang bocor, sebaiknya ditambal dulu jadi bisa jalan tanpa oleng dijalan. Kalau naik kapal ya periksa baling-balingnya muter atau enggak, kalau gak bisa muter, kalian bakalan terdampar ditengah lautan atau manapun itu yang dilewati oleh kapal tersebut, ganti aja baling-balingnya dengan baling-baling milik Doraemon sekalian biar lancar jaya sentosa dan cepat sampai rumah.

4.     Periksa surat-surat kendaraan
Kalau naik kendaraan pribadi nih yang harus diperhatikan. Cek dulu kelengkapan berkendara. Mulai dari KTP, Ijazah, Pas foto 3x4 dua lembar berwarna, Transkrip Nilai sama surat lamaran.. lah? Bukan itu dodol! Ya maksudnya kaya SIM, STNK sama BPKB. Kondisi fisik kendaraan juga harus komplit. Pastikan spion terpasang pada tempatnya, knalpot juga terletak disebelah roda belakang, bukan di sebelah lampu depan, kaya tembakan aja -_- pokoknya harus sesuai dengan standar yang sudah ditentukan biar aman!

5.     Jangan lupa mengunci rumah
Kalau rumah ditinggal mudik harus waspada, siapa tau ada maling yang mau mencuri di rumah kita. Pintu sama jendela ditutup rapat, jangan tinggalkan celah sedikitpun nanti bisa ditikung temen.. eh! Gebetan kali ah... Barang-barang elektronik juga harus dipastikan sudah dalam keadaan mati semua biar enggak terjadi konsleting atau hal buruk lain yang diakibatkan listrik itu. Nah cek juga kompor masih menyala atau tidak, kalo masih menyala sebaiknya dimatikan. Jangan ditiup untuk mematikan api yang ada di kompor itu, sia-sia! Nah, baru deh kalo kompor udah aman tingga mudik aja, jangan udah ditinggal mudik, giliran balik ke perantauan eh rumahnya udah jadi abu. Kalau perlu semua barang dirumah perantauan dibawa mudik biar aman dan enggak dicuri orang!

6.     Taati aturan
Selama perjalanan, semua peraturan yang ada itu harus ditaati. Misalnya, kalau naik pesawat terbang jangan minta turun ditengah jalan walaupun ternyata rumahmu ada dibawah pesawat itu, jangan juga ambil koin lalu dibunyiin “tek tek tek kiri bang kiri” percuma! Gak bakalan diturunin, ini pesawat bukan kopades, ndes! Sekali lagi, jangan minta turun ditengah jalan kalau naik pesawat terbang. Terus kalau naik motor jangan kelebihan muatan, yang pas-pas saja, karena yang pas itu lebih nikmat. Kalau kelebihan muatan bisa membahayakan diri sendiri dan pengendara lain. Kulkas, lemari, kasur jangan dibawa deh udah pasti disediain dikampung sana.

7.     Sewa pacar
Lah ini tips yang penting dan tips terakhir buat mudik. Biasanya kan kalau mudik nyewa mobil, sekarang dah gak jaman. Sekarang jamannya nyewa pacar buat jaga-jaga di kampung biar enggak malu kalau ditanya oleh teman atau tetangga dan saudara sendiri di kampung “Mana pacarmu? Mana pacar halalmu?” nah, udah punya (walaupun nyewa). Seenggaknya biar tidak malu, masa setiap pulang kampung ditanyain pacar gak bisa jawab terus. Buat apa merantau jauh-jauh kalau jomblo terus, mblo!


Okedeh. Sekian tips greget mengenai mudik kali ini. Lebih dan kurangnya minta kupat.. eh minta maaf. Selamat bermudik ria!


Posting Komentar

0 Komentar